Soal Pilihan Ganda Bab 2 Kelas 4 - Di Bawah Atap

 

🟦 Tujuan Pembelajaran 1 

Menyimak dengan saksama dan memahami informasi dalam teks yang dibacakan. 

(C1) 

Bacalah penggalan teks berikut ini: 

“Tigor suka menyiram tanaman karena Tigor suka bermain air. Dengan semprotan air di tangannya, Tigor dapat membuat hujan.” 

Apa alasan utama Tigor senang menyiram tanaman? 

A. Karena ingin membantu Kak Tiur 

B. Karena suka bermain air 

C. Karena disuruh Inang 

D. Karena halaman kotor 

Kunci: ✅ B 

 

🟦 Tujuan Pembelajaran 2 

Berpartisipasi aktif dalam diskusi dengan menanggapi pernyataan teman diskusi dan menyampaikan pendapat menggunakan kata kunci yang relevan dengan topik bahasan diskusi. 

(C3) 

Dalam kegiatan diskusi kelas mengenai cara merawat tanaman, Andi mendengar pendapat temannya bahwa tanaman harus disiram setiap jam. Sikap yang tepat bagi Andi untuk menanggapi pendapat tersebut adalah… 

A. Mengabaikannya karena berbeda pendapat 

B. Menolak tanpa alasan 

C. Menyampaikan alasan bahwa penyiraman berlebihan tidak baik bagi tanaman 

D. Mengiyakan agar diskusi cepat selesai 

Kunci: ✅ C 

 

🟦 Tujuan Pembelajaran 3 

Menjelaskan arti kosakata baru pada teks yang dibacakan berdasarkan pemahaman siswa terhadap tulisan dan gambar pendukung. 

(C2) 

Dalam cerita “Kepala Suku Len”, kata sukulen dijelaskan oleh Kak Tiur sebagai tanaman yang daunnya tebal dan dapat menyimpan air. Berdasarkan penjelasan itu, arti kata sukulen adalah… 

A. Tanaman yang mudah layu 

B. Tanaman yang menyimpan air di daunnya 

C. Tanaman yang hidup di air 

D. Tanaman berbunga ungu 

Kunci: ✅ B 

 

🟦 Tujuan Pembelajaran 4 

Mengidentifikasi dan memahami kata-kata yang memiliki makna jamak yang sering digunakan sehari-hari. 

(C2) 

Perhatikan dua kalimat berikut: 

(1) “Ruli melihat kabur karena tidak memakai kacamata.” 

(2) “Molen segera kabur masuk rumah.” 

Makna kata kabur pada kalimat (2) adalah… 

A. Tidak jelas terlihat 

B. Berlari cepat-cepat 

C. Menjadi samar 

D. Terlihat buram 

Kunci: ✅ B 

 

🟦 Tujuan Pembelajaran 5 

Menulis kata-kata yang sering ditemui menggunakan pengetahuannya tentang kombinasi semua huruf. 

(C1) 

Saat menyalin kata dari teks, siswa diminta menulis kata “menyiram”. Huruf pertama dari kata dasar siram hilang karena mendapatkan awalan me-. Perubahan seperti ini disebut… 

A. Perubahan fonem 

B. Peluluhan huruf awal 

C. Penggantian imbuhan 

D. Perubahan bentuk dasar 

Kunci: ✅ B 

 

🟦 Tujuan Pembelajaran 6 

Menunjukkan antusiasme dan kepercayaan diri dalam mengemukakan pendapat dengan memperhatikan intonasi agar mudah dipahami pendengar. 

(C3) 

Dalam kegiatan diskusi kelompok, Sinta berbicara dengan suara pelan dan tidak menatap teman. Agar pendapatnya mudah dipahami, Sinta sebaiknya… 

A. Membaca dari kertas tanpa melihat teman 

B. Berbicara dengan suara jelas dan menggunakan intonasi yang tepat 

C. Menulis pendapat di papan tulis 

D. Diam saja agar tidak salah bicara 

Kunci: ✅ B 

 

🟦 Tujuan Pembelajaran 7 

Membaca dan mengucapkan kata-kata panjang (tiga suku kata atau lebih) menggunakan pengetahuannya terhadap kombinasi huruf. 

(C1) 

Kata yang memiliki tiga suku kata di bawah ini adalah… 

A. siram 

B. sukulen 

C. tiur 

D. inang 

Kunci: ✅ B 

 

🟦 Tujuan Pembelajaran 8 

Mengembangkan kategori yang lebih terperinci berdasarkan pemahaman terhadap teks dan gambar. 

(C2) 

Dalam teks, Tigor dan Kak Tiur memiliki jenis tanaman yang berbeda. Sukulen termasuk tanaman berdaun tebal, sedangkan bunga ungu termasuk tanaman berbunga. Pengelompokan seperti ini disebut… 

A. Perbandingan kata benda 

B. Klasifikasi objek berdasarkan ciri 

C. Penilaian sifat 

D. Perbedaan warna 

Kunci: ✅ B 

 

🟦 Tujuan Pembelajaran 9 

Menuliskan kalimat dengan unsur S-P-O-K menggunakan kata benda dan kata sifat sesuai konteks. 

(C3) 

Kalimat berikut yang memiliki unsur Subjek, Predikat, Objek, dan Keterangan dengan benar adalah… 

A. Kak Tiur menyiram tanaman setiap pagi. 

B. Kak Tiur tanaman setiap pagi menyiram. 

C. Menyiram Kak Tiur tanaman pagi setiap. 

D. Tiur tanaman setiap pagi menyiram. 

Kunci: ✅ A 

 

🟦 Tujuan Pembelajaran 10 

Mencari informasi untuk mendukung presentasinya menggunakan mesin pencari yang aman. 

(C3) 

Sebelum presentasi tentang hemat listrik, Deni ingin mencari informasi di internet. Tindakan yang paling tepat adalah… 

A. Membuka situs tanpa melihat sumber 

B. Mencari di situs terpercaya yang telah diverifikasi keamanannya 

C. Menyalin semua informasi tanpa membaca 

D. Bertanya pada teman saja 

Kunci: ✅ B 

 

🟦 Tujuan Pembelajaran 11 

Menulis atau menggambarkan topik dengan struktur deskripsi. 

(C3) 

Dalam menulis tentang pengalaman tanpa listrik, siswa sebaiknya menggambarkan suasana rumah dan perasaannya. Struktur tulisan seperti ini disebut… 

A. Narasi 

B. Deskripsi 

C. Eksposisi 

D. Argumentasi 

Kunci: ✅ B 

 

🟦 Tujuan Pembelajaran 12 

Melalui kegiatan menyimak cerita, peserta didik dapat menemukan dan menyimpulkan informasi. 

(C2) 

Bacalah kutipan berikut: 

“Kata Inang, menyiram tanaman secara berlebihan itu membuang-buang air. Itu tidak baik.” 

Dari kutipan tersebut, simpulan yang tepat adalah… 

A. Inang melarang Tigor bermain air 

B. Inang mengajarkan agar hemat air 

C. Inang tidak suka tanaman 

D. Inang ingin halaman kering 

Kunci: ✅ B 

 

🟦 Tujuan Pembelajaran 13 

Melalui kegiatan diskusi, siswa mampu menyampaikan pendapat dengan aktif. 

(C3) 

Ketika berdiskusi tentang penghematan listrik, seorang teman berpendapat bahwa membiarkan lampu menyala sepanjang malam tidak masalah. Tanggapan yang tepat adalah… 

A. Setuju karena lampu menerangi rumah 

B. Menolak dengan alasan hal itu memboroskan energi 

C. Diam agar tidak berbeda pendapat 

D. Mengalihkan topik pembicaraan 

Kunci: ✅ B 

 

🟦 Tujuan Pembelajaran 14 

Melalui kegiatan memasangkan kata, siswa dapat menjelaskan arti kosakata baru dengan benar. 

(C1) 

Kata inang dalam cerita “Kepala Suku Len” memiliki arti… 

A. Ibu dalam bahasa Batak 

B. Kakak perempuan 

C. Orang yang suka tanaman 

D. Nama bunga 

Kunci: ✅ A 

 

🟦 Tujuan Pembelajaran 15 

Melalui kegiatan mengisi tabel homonim, siswa memahami kata yang bermakna jamak. 

(C2) 

Kata bisa dalam kalimat “Ular itu memiliki bisa yang mematikan” berbeda makna dengan kata bisa pada kalimat “Ia bisa menulis dengan rapi”. Makna kata bisa pada kalimat pertama adalah… 

A. Dapat melakukan sesuatu 

B. Racun hewan 

C. Keinginan kuat 

D. Kesempatan 

Kunci: ✅ B 

 

🟦 Tujuan Pembelajaran 16 

Melalui latihan, siswa mengenali perubahan bentuk awalan ‘me-’. 

(C1) 

Kata dasar potong jika diberi awalan me- akan berubah menjadi… 

A. memotong 

B. mepotong 

C. menyotong 

D. menotong 

Kunci: ✅ A 

 

🟦 Tujuan Pembelajaran 17 

Melalui diskusi kelompok, siswa dapat mengemukakan pendapat dengan suara dan intonasi yang baik. 

(C3) 

Dalam kegiatan kelompok, Bima berbicara terlalu cepat dan teman-temannya sulit memahami. Agar pendapatnya lebih jelas, ia sebaiknya… 

A. Menyampaikan dengan tempo sedang dan intonasi jelas 

B. Membaca naskah dengan cepat 

C. Berbicara sambil menunduk 

D. Diam saja agar tidak salah 

Kunci: ✅ A 

 

🟦 Tujuan Pembelajaran 18 

Melalui membaca nyaring, siswa dapat mengucapkan kata-kata panjang dengan benar. 

(C1) 

Kata yang termasuk tiga suku kata atau lebih adalah… 

A. vampir 

B. kipas 

C. sukulen 

D. lampu 

Kunci: ✅ C 

 

🟦 Tujuan Pembelajaran 19 

Melalui menjawab pertanyaan, siswa memahami isi bacaan dan menarik kesimpulan. 

(C2) 

Bacalah penggalan cerita: 

“Kalau kabelnya tidak dicabut, daya listriknya masih jalan terus. Kalau sudah begitu, kita seperti memberi makan vampir.” 

Kesimpulan dari kutipan tersebut adalah… 

A. Alat listrik yang tetap tercolok tetap menggunakan daya 

B. Vampir hidup di kabel listrik 

C. Vampir takut pada listrik 

D. Kabel listrik bisa rusak karena vampir 

Kunci: ✅ A 

 

🟦 Tujuan Pembelajaran 20 

Melalui membuat kalimat, siswa menggunakan kosakata baru dalam kalimat dengan benar. 

(C3) 

Kalimat berikut menggunakan kosakata baru dengan benar adalah… 

A. Steker digunakan untuk menyalakan lampu. 

B. Vampir mengisap air di halaman. 

C. Stopkontak adalah jenis tanaman. 

D. Sakelar adalah nama bunga. 

Kunci: ✅ A 

 

🟦 Tujuan Pembelajaran 21 

Melalui presentasi, siswa mampu mencari dan menyampaikan informasi dengan baik. 

(C3) 

Sebelum mempresentasikan hasil diskusi tentang energi listrik, tindakan yang tepat dilakukan siswa adalah… 

A. Menulis ulang isi buku teks 

B. Mencari sumber tambahan terpercaya dan menyiapkan catatan 

C. Membaca tanpa memahami 

D. Menghafal tanpa latihan 

Kunci: ✅ B 

🟦 Tujuan Pembelajaran 22 

Melalui kegiatan menulis pengalaman, siswa dapat menggunakan struktur deskripsi dengan baik. 

(C3) 

Saat menulis tentang pengalaman pemadaman listrik, bagian yang sesuai dengan paragraf deskripsi adalah… 

A. Menceritakan langkah membuat alat listrik 

B. Menjelaskan suasana gelap dan perasaan saat itu 

C. Menulis daftar alat elektronik di rumah 

D. Menjelaskan aturan menghemat air 

Kunci: ✅ B 


Tujuan Pembelajaran materi pembelajran bab 2 :

  1. Menyimak dengan saksama dan memahami informasi dalam teks yang dibacakan.
  2. Berpartisipasi aktif dalam diskusi dengan menanggapi pernyataan teman diskusi dan menyampaikan pendapat menggunakan kata kunci yang relevan dengan topik bahasan diskusi.
  3. Menjelaskan arti kosakata baru pada teks yang dibacakan berdasarkan pemahaman siswa terhadap tulisan dan gambar pendukung.
  4. Mengidentifikasi dan memahami kata-kata yang memiliki makna jamak yang sering digunakan sehari-hari.
  5. Menulis kata-kata yang sering ditemui menggunakan pengetahuannya tentangkombinasi semua huruf.
  6. Menunjukkan antusiasme dan kepercayaan diri dalam mengemukakan pendapat dengan memperhatikan intonasi agar mudah dipahami pendengar.
  7. Membaca dan mengucapkan kata-kata yang panjang (tiga suku kata atau lebih) menggunakan pengetahuannya terhadap kombinasi huruf.
  8. Mengembangkan kategori yang lebih terperinci (misalnya membandingkan objek dan ciri-cirinya) berdasarkan pemahamannya terhadap tulisan dan gambar dalam teks naratif dan informasional.
  9. Menuliskan kalimat dengan unsur subjek, predikat, objek, dan keterangan, menggunakan kombinasi kata benda dan kata sifat yang sesuai dengan konteks topik bahasan.
  10. Mencari informasi untuk mendukung presentasinya menggunakan mesin pencari pada internet yang telah diverifikasi keamanannya.
  11. Menulis atau menggambarkan sebuah topik dengan struktur deskripsi untuk beragam konteks dan tujuan.
  12. Melalui kegiatan menyimak cerita yang dibacakan, peserta didik dapat menemukan, menyimpulkan informasi, serta menyampaikan kembali simpulannya dengan tepat.
  13. Melalui kegiatan diskusi, siswa mampu menyampaikan pendapat dengan aktif.
  14. Melalui kegiatan memasangkan kata, peserta didik dapat menjelaskan arti kosakata baru pada teks yang dibacakan dengan benar.
  15. Melalui kegiatan mengisi tabel homonim, peserta didik dapat memahami kata-kata yang memiliki makna jamak dengan tepat.
  16. Melalui latihan, peserta didik dapat mengenali perubahan bentuk awalan ‘me-’ dan menggunakannya sesuai ketentuan bahasa Indonesia dengan benar.
  17. Melalui diskusi kelompok, peserta didik dapat mengemukakan pendapat dengan jelas, dengan suara dan intonasi yang baik.
  18. Melalui kegiatan membaca nyaring, peserta didik dapat mengucapkan kata-kata yang panjang dengan benar.
  19. Melalui kegiatan menjawab pertanyaan, peserta didik dapat memahami isi bacaan, menemukan informasi, dan menarik kesimpulan dengan tepat.
  20. Melalui kegiatan membuat kalimat, peserta didik menggunakan kosakata baru dalam kalimat dengan benar sesuai ketentuan bahasa Indonesia.
  21. Melalui kegiatan presentasi, peserta didik mampu mencari informasi pendukung dari berbagai sumber dan mempresentasikannya dengan baik.
  22. Melalui kegiatan menulis pengalaman, peserta didik dapat menggunakan struktur deskripsi dengan baik

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *