Soal Pilihan Ganda Bab 1 Kelas 4 - Sudah Besar

 


Tujuan Pembelajaran 1 

Memahami dan menjelaskan permasalahan yang dihadapi tokoh cerita serta mengaitkannya dengan pengalaman pribadi. 

Teks bacaan: 

“Lala baru saja pulang sekolah. Cuaca panas membuatnya buru-buru masuk rumah. 

Segelas air dingin, itulah yang diinginkannya. 

‘Kakak pasti haus. Ini, minum dulu,’ kata Kiki sambil menyodorkan segelas air. 

Namun, Lala tiba-tiba kesal karena melihat Kiki memakai bajunya.” 

(C2) Mengapa Lala kesal kepada Kiki? 

A. Karena Kiki tidak menyiapkan minum untuknya 

B. Karena Kiki memakai bajunya tanpa izin 

C. Karena Kiki tidak membantu mencuci baju 

D. Karena Kiki memecahkan gelas 

Kunci: B 

 

Tujuan Pembelajaran 2 

Berbicara dengan santun, menggunakan kata maaf, tolong, permisi, dan terima kasih. 

(C1) Ungkapan yang menunjukkan kesantunan dalam berbicara adalah .... 

A. “Ambilkan bukuku sekarang juga!” 

B. “Tolong ambilkan bukuku, ya.” 

C. “Kau ambil sendiri bukumu!” 

D. “Kenapa tidak kau ambil bukuku?” 

Kunci: B 

 

Tujuan Pembelajaran 3 

Berbicara dengan volume yang tepat sesuai konteks dan tempat berbicara, berbicara dengan jelas sehingga dipahami oleh lawan bicara. 

(C3) Ketika berbicara di kelas, sebaiknya kita .... 

A. Berteriak supaya semua mendengar 

B. Berbisik agar tidak mengganggu 

C. Mengatur volume suara agar terdengar jelas namun tidak keras 

D. Diam saja agar tidak salah bicara 

Kunci: C 

 

Tujuan Pembelajaran 4 

Mengidentifikasi kalimat transitif dan intransitif di dalam cerita. 

(C2) Kalimat “Lani memetik jambu” termasuk kalimat .... 

A. Intransitif karena tidak ada objek 

B. Transitif karena membutuhkan objek 

C. Intransitif karena hanya ada predikat 

D. Transitif karena tidak memiliki keterangan 

Kunci: B 

 

Tujuan Pembelajaran 5 

Menuliskan kalimat menggunakan tanda baca yang tepat sesuai fungsinya dan kaidah bahasa Indonesia. 

(C3) Kalimat yang menggunakan tanda baca dengan benar adalah .... 

A. Kiki berkata “Baju itu milikku”. 

B. Kiki berkata, “Baju itu milikku.” 

C. Kiki berkata “Baju itu milikku.” 

D. Kiki berkata. “Baju itu milikku” 

Kunci: B 

 

Tujuan Pembelajaran 6 

Membaca dan mengucapkan kata-kata panjang (tiga suku kata atau lebih) menggunakan pengetahuannya terhadap kombinasi huruf. 

(C1) Manakah kata yang terdiri atas tiga suku kata? 

A. Baju 

B. Sekolah 

C. Rumah 

D. Kakak 

Kunci: B 

 

Tujuan Pembelajaran 7 

Menyimak dengan saksama dan memahami informasi dalam teks yang dibacakan. 

(C2) Informasi penting dari cerita “Tak Muat Lagi” adalah .... 

A. Kiki suka meminjam barang Lala 

B. Lala sadar bahwa dirinya sudah besar 

C. Ibu menyuruh Lala menjahit baju 

D. Kiki ingin membeli baju baru 

Kunci: B 

 

Tujuan Pembelajaran 8 

Menjelaskan makna kosakata baru pada teks yang dibacakan berdasarkan tulisan dan gambar pendukung. 

(C1) Arti kata fobia dalam teks adalah .... 

A. Perasaan senang terhadap sesuatu 

B. Rasa takut yang berlebihan terhadap sesuatu 

C. Rasa ingin tahu terhadap hal baru 

D. Perasaan kagum terhadap seseorang 

Kunci: B 

 

Tujuan Pembelajaran 9 

Menuliskan kalimat dengan struktur SPOK menggunakan tanda baca yang tepat dan kosakata yang sesuai. 

(C3) Pilih kalimat yang benar susunan SPOK-nya! 

A. Kiki memberikan baju Lala. 

B. Lala Kiki memberikan baju. 

C. Memberikan baju Kiki Lala. 

D. Lala memberikan Kiki baju. 

Kunci: A 

 

Tujuan Pembelajaran 10 

Melalui kegiatan membaca cerita, peserta didik dapat menyimpulkan permasalahan yang dihadapi tokoh dan mengaitkannya dengan pengalaman pribadi. 

(C3) Permasalahan utama yang dihadapi Lala dalam cerita adalah .... 

A. Baju yang dipakainya sobek karena sudah sempit 

B. Kiki menolak membantu mencuci baju 

C. Lala kehilangan bajunya 

D. Ibu tidak di rumah 

Kunci: A 

 

Tujuan Pembelajaran 11 

Melalui kegiatan diskusi, peserta didik mampu mengemukakan pendapat atau menceritakan pengalaman dengan santun. 

(C2) Sikap yang tepat saat teman menyampaikan pendapat dalam diskusi adalah .... 

A. Menyela agar cepat selesai 

B. Mendengarkan dengan sopan dan tidak memotong pembicaraan 

C. Mengomentari dengan keras 

D. Diam saja tanpa memperhatikan 

Kunci: B 

 

Tujuan Pembelajaran 12 

Melalui kegiatan mencari kalimat di dalam cerita, peserta didik dapat memahami pemakaian kalimat transitif dan intransitif dengan baik. 

(C1) Kalimat “Kiki tertawa keras” termasuk jenis .... 

A. Transitif 

B. Intransitif 

C. Pasif 

D. Imperatif 

Kunci: B 

 

Tujuan Pembelajaran 13 

Melalui kegiatan latihan ini, peserta didik dapat menggunakan tanda baca serta kalimat transitif dan intransitif dengan tepat. 

(C3) Pilih kalimat yang benar dan menggunakan tanda baca dengan tepat! 

A. Lala berkata saya minta maaf. 

B. Lala berkata, “Saya minta maaf.” 

C. Lala berkata, saya minta maaf. 

D. Lala berkata “Saya minta maaf.” 

Kunci: B 

 

Tujuan Pembelajaran 14 

Melalui kegiatan membaca nyaring, peserta didik dapat mengucapkan kata-kata panjang dengan benar. 

(C1) Kata yang sebaiknya dilatih dalam membaca nyaring karena terdiri atas empat suku kata adalah .... 

A. Laba-laba 

B. Mengoleksi 

C. Besar 

D. Kecil 

Kunci: B 

 

Tujuan Pembelajaran 15 

Melalui kegiatan menyimak cerita yang dibacakan, peserta didik dapat menemukan, menyimpulkan informasi, serta menyampaikan kembali simpulannya dengan tepat. 

(C3) Kesimpulan yang tepat dari cerita “Suka dan Tidak Suka” adalah .... 

A. Semua orang memiliki hobi yang sama 

B. Setiap orang memiliki kesukaan dan ketakutan yang berbeda 

C. Anak-anak tidak boleh takut pada hewan 

D. Laba-laba hewan yang berbahaya 

Kunci: B 

 

Tujuan Pembelajaran 16 

Melalui kegiatan membuat kalimat, peserta didik menggunakan kosakata baru dalam kalimat dengan benar sesuai ketentuan bahasa Indonesia. 

(C2) Kalimat yang menggunakan kosakata “fobia” dengan benar adalah .... 

A. Aku fobia terhadap matematika karena sulit. 

B. Aku fobia melihat ular karena takut sekali. 

C. Aku fobia kepada teman baru. 

D. Aku fobia dengan makanan pedas. 

Kunci: B 

 

Tujuan Pembelajaran 17 

Melalui kegiatan menulis surat, peserta didik dapat menggunakan tanda baca, kosakata baru, dan kalimat transitif serta intransitif dengan tepat. 

(C3) Kalimat pembuka surat pribadi yang tepat adalah .... 

A. Hai! Lama tak jumpa, aku ingin menulis surat ini untukmu. 

B. Aku kirim surat, baca cepat ya! 

C. Surat ini untuk kamu saja. 

D. Aku menulis ini karena bosan. 

Kunci: A 


Tujuan Pembelajaran materi pembelajaran bab 1 :

  1. Memahami dan menjelaskan permasalahan yang dihadapi tokoh cerita serta mengaitkannya dengan pengalaman pribadi.
  2. Berbicara dengan santun, menggunakan kata maaf, tolong, permisi, dan terima kasih.
  3. Berbicara dengan volume yang tepat sesuai konteks dan tempat berbicara, berbicara dengan jelas sehingga dipahami oleh lawan bicara.
  4. Mengidentifikasi kalimat transitif dan intransitif di dalam cerita
  5. Menuliskan kalimat menggunakan tanda baca yang tepat sesuai fungsinya dan sesuai kaidah bahasa Indonesia.
  6. Membaca dan mengucapkan katakata yang panjang (tiga suku kata atau lebih) menggunakan pengetahuannya terhadap kombinasi huruf.
  7. Menyimak dengan saksama dan memahami informasi dalam teks yang dibacakan.
  8. Menjelaskan makna kosakata baru pada teks yang dibacakan berdasarkan pemahamannya terhadap tulisan dan gambar pendukung.
  9. Menuliskan kalimat dengan struktur SPOK menggunakan tanda baca yang tepat dan kosakata yang sesuai.
  10. Melalui kegiatan membaca cerita, peserta didik dapat menyimpulkan permasalahan yang dihadapi tokoh dan mengaitkannya dengan pengalaman pribadi.
  11. Melalui kegiatan diskusi, peserta didik mampu mengemukakan pendapat atau menceritakan pengalaman dengan santun.
  12. Melalui kegiatan mencari kalimat di dalam cerita, peserta didik dapat memahami pemakaian kalimat transitif dan intransitif dengan baik.
  13. Melalui kegiatan latihan ini, peserta didik dapat menggunakan tanda baca serta kalimat transitif dan intransitif dengan tepat.
  14. Melalui kegiatan membaca nyaring, peserta didik dapat mengucapkan kata-kata yang panjang dengan benar.
  15. Melalui kegiatan menyimak cerita yang dibacakan, peserta didik dapat menemukan, menyimpulkan informasi, serta menyampaikan kembali simpulannya dengan tepat.
  16. Melalui kegiatan membuat kalimat, peserta didik menggunakan kosakata baru dalam kalimat dengan benar sesuai ketentuan bahasa Indonesia
  17. Melalui kegiatan menulis surat, peserta didik dapat menggunakan tanda baca, kosakata baru, dan kalimat transitif dan intransitif dengan tepat.

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *