Semangat Belajar Siswa SDN 16 Anggrek: Mengenal Kelipatan Bilangan Cacah
PUTIANA, Selasa 14 Oktober 2025 - Suasana kelas 4 SDN 16 Anggrek pagi ini tampak begitu hidup. Para siswa belajar dengan penuh semangat, terutama saat pelajaran Matematika yang membahas tentang kelipatan dari bilangan cacah.
Di antara siswa yang tampak fokus memperhatikan penjelasan guru adalah Nur Azmaria Saida, Hadija Amaiya, dan Fatma Ibrahim. Ketiganya dengan tekun mencatat setiap contoh yang diberikan dan aktif menjawab pertanyaan.
Guru kelas menjelaskan bahwa kelipatan adalah hasil dari penjumlahan berulang atau hasil kali suatu bilangan dengan bilangan lainnya. Misalnya, jika setiap hari Karel membeli 2 kelereng, maka jumlah kelerengnya bertambah seperti berikut:
Hari ke-1 : 2 kelereng
Hari ke-2 : 4 kelereng
Hari ke-3 : 6 kelereng
Hari ke-4 : 8 kelereng
Dari contoh itu dapat dilihat bahwa 2, 4, 6, 8, 10, dan seterusnya merupakan kelipatan dari 2. Artinya, bilangan-bilangan tersebut diperoleh dengan mengalikan 2 dengan 1, 2, 3, 4, dan seterusnya.
Guru kemudian melanjutkan, “Kalau Karel setiap hari membeli 3 kelereng, maka jumlah kelereng pada setiap hari adalah 3, 6, 9, 12, 15, dan seterusnya. Itulah contoh kelipatan dari 3.”
Pelajaran tentang kelipatan membantu siswa memahami pola dalam bilangan dan hubungannya dengan operasi perkalian. Dengan memahami konsep ini, siswa akan lebih mudah saat mempelajari faktor, KPK, maupun FPB di jenjang berikutnya.
Sebelum pelajaran berakhir, guru memberikan latihan untuk dikerjakan di buku tulis masing-masing:
Latihan Soal (Halaman 52)
Kerjakan soal berikut pada buku tulis kalian.
- Tentukan kelipatan dari 3.
- Tuliskan bilangan-bilangan kelipatan 6 yang kurang dari 40.
- Tuliskan bilangan-bilangan kelipatan 5 yang lebih dari 17 dan kurang dari 35.
- Setiap 2 hari sekali Parhan Pakaya membeli kartu anime sebanyak 4 lembar, hitung banyak kartu anime Andi setelah 6 hari.
Melalui pembelajaran hari ini, siswa kelas 4 SDN 16 Anggrek tidak hanya belajar berhitung, tetapi juga belajar melihat pola dan memahami makna dari setiap bilangan. Semangat belajar mereka menjadi bukti nyata bahwa matematika bisa menyenangkan jika dipelajari dengan cara yang menarik.
.png)



Tidak ada komentar:
Posting Komentar