Gemini Academy Batch 2 - Sesi 1 Perencanaan Kurikulum

Infografik Kurikulum IPAS: Gravitasi

Rancangan Kurikulum IPAS

Tema: Pengaruh Gaya Gravitasi terhadap Benda

Kelas 4

Target Audiens

Fase C

Kurikulum Merdeka

4 Sesi

Total Pembelajaran

2x45

Menit per Sesi

Capaian Pembelajaran (CP)

"Peserta didik mengidentifikasi ragam gaya dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari (misalnya gaya otot, gaya gesek, gaya gravitasi, dan gaya magnet). Peserta didik mendemonstrasikan bagaimana gaya memengaruhi gerak dan bentuk benda di lingkungan sekitar."

Pendekatan Pedagogis

Inquiry-Based
(Rasa ingin tahu)
Hands-on
(Eksperimen)
Contextual
(Konteks nyata)
Think-Pair-Share
(Kolaborasi)
Project-Based
(Proyek mini)

Rancangan Sesi Pembelajaran

Sesi 1: Misteri Benda Jatuh

Pengenalan konsep dasar gravitasi sebagai gaya tarik bumi melalui demonstrasi dan diskusi.

  • 🎯Menjelaskan gravitasi sebagai "gaya tarik bumi".
  • 🎯Memberi 3 contoh benda jatuh.
  • 💡Aktivitas: Demonstrasi bola jatuh & Think-Pair-Share.

Sesi 2: Lomba Jatuh: Berat vs. Ringan

Eksperimen untuk membandingkan kecepatan jatuh dan mengatasi miskonsepsi massa vs. gesekan udara.

  • 🎯Membandingkan kecepatan jatuh botol penuh vs. kosong.
  • 🎯Menyimpulkan efek gravitasi vs. gesekan udara (kertas).
  • 🔬Aktivitas: Eksperimen 1 (Massa) & Eksperimen 2 (Bentuk/Udara).

Sesi 3: Melawan Gravitasi

Proyek mini membuat parasut untuk memahami konsep gesekan udara yang melawan gravitasi.

  • 🎯Merancang & membuat 1 parasut sederhana.
  • 🎯Menjelaskan parasut lambat karena "tertahan udara".
  • 🛠️Aktivitas: Proyek PjBL membuat parasut dari bahan *low-cost*.

Sesi 4: Gravitasi, Sahabat Kita

Refleksi manfaat gravitasi dalam kehidupan sehari-hari dan penilaian akhir unit.

  • 🎯Menyebutkan 3 manfaat gravitasi (berjalan, hujan, dll).
  • 🎯Mengerjakan kuis sumatif (skor min. 70).
  • 🧠Aktivitas: Diskusi "Dunia Tanpa Gravitasi" & Kuis.

Strategi Penilaian

Fokus pada penilaian formatif (proses) untuk mendukung pembelajaran, diakhiri dengan penilaian sumatif (hasil).

Integrasi & Pertimbangan Etis

Memastikan pembelajaran modern, aman, dan inklusif bagi semua siswa.

  • 💻
    Integrasi CS (Computer Science)
    Visualisasi dengan simulasi Scratch atau gambar AI (Gemini/Copilot) untuk pemantik diskusi.
  • 🛡️
    Keamanan (Etika)
    Eksperimen harus aman. Dilarang menjatuhkan benda berat/tajam. Uji coba dari ketinggian aman (kursi, bukan jendela).
  • 🤝
    Inklusivitas & Keadilan
    Kelompok heterogen. Siswa berkebutuhan khusus mendapat peran vital (pencatat, pengamat). Penilaian alternatif (lisan, gambar). Menggunakan bahan *low-cost* (botol bekas, plastik).

Infografik ini merangkum Kerangka Kurikulum IPAS (Fase C) berdasarkan materi "Pengaruh Gaya Gravitasi terhadap Benda".

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *